Apa itu Cloud Hosting? Dan, Kapan Kita Membutuhkannya?

Cloud hosting adalah jenis hosting di mana situs web berjalan di beberapa server, bukan satu server untuk berbagi beban dan memaksimalkan waktu kerja.Ketika orang berbicara tentang cloud maka tidak ada hal fisik yang dapat Kalian tunjuk dan beri label sebagai cloud.

Cloud biasanya merupakan jaringan server virtual yang menyimpan data situs web Kalian dan menyajikannya saat diminta.Secara keseluruhan , cloud berfungsi sebagai server tunggal yang kuat dengan daya pemrosesan dan ruang penyimpanan tanpa Batas.Tidak seperti shared hosting di mana situs web Anda berjalan pada satu server fisik, di cloud hosting situs web Kalian berjalan pada beberapa server virtual.Di shared hosting Kalian mendapatkan beberapa ruang di server fisik sedangkan di cloud hosting Anda mendapatkan bagian dari cluster cloud.Ketika situs web Kalian berjalan pada beberapa server, maka bebannya didistribusikan di antara server-server tersebut. Ini meningkatkan kinerja keseluruhan situs web Kalian.

Selain itu, di cloud hosting jika server turun maka server cloud lain mengambil tempat dan membuat situs web Kalian tetap berjalan. Namun, ini tidak terjadi dengan shared hosting.Dalam shared hosting, jika server Kalian turun maka situs web Anda juga turun dan Anda harus menunggu untuk melihat situs web Kalian lagi sampai server Anda diperbaiki.Manfaat utama cloud hosting adalah skalabilitas & kinerja yang lebih baik, meminimalkan waktu henti, keamanan yang lebih tinggi, lebih banyak opsi penyesuaian, dll.

Arsitektur Cloud Hosting:


Arsitektur cloud hosting berbeda dari arsitektur hosting biasa. Di mana pada sebagian besar jenis hosting pendekatan terpusat digunakan, di cloud hosting digunakan pendekatan terdistribusi .Dalam hosting biasa, server tunggal menanggung seluruh beban, sedangkan dalam cloud hosting, beban didistribusikan di antara beberapa server. Ini meningkatkan kinerja keseluruhan situs web.

Terlebih di cloud hosting Kalian mendapatkan keamanan yang lebih tinggi karena data Kalian disimpan di beberapa server. Jadi, jika terjadi kegagalan server Kalian dapat mengambil data dari server cloud lainnya.


Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting?

Seperti yang telah saya bahas di atas , Di cloud hosting situs web berjalan di beberapa server, jadi, setiap kali pengunjung meminta situs web Kalian dengan memasukkan nama domain Kalian di browser, maka server Kalian merespons permintaan dengan mengirim file yang diperlukan ke browser pengunjung. , yang kemudian disajikan dalam bentuk situs web Kalian.

Dalam hal terjadi kegagalan server, server lain menggantikannya dan menyajikan file Kalian kepada pengunjung. Hal yang sama terjadi jika kondisi kelebihan dan oleh karena itu, Kalian mendapatkan waktu kerja maksimal untuk situs web Kalian.

Pada inti dari cloud hosting, server fisik dibagi menjadi server virtual yang kemudian dihubungkan untuk membentuk jaringan. Pengaturan server ini memberi Kalian sumber daya tak terbatas. Jadi, ketika Anda membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk situs web Anda maka Anda dapat meningkatkannya dengan mudah.

simak informasi berupa cara kerjanya dalam informasi di bawah ini.
  1. Mengolah Data

Cara kerja cloud hosting yang pertama yaitu mampu mengolah data dalam sebuah website sehingga datanya dapat tersimpan dalam sebuah website dalam sebuah informasi yang menyajikan beberapa hal penting.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cloud hosting dalam dunia internet memang dapat mempercepat akses website. Hal tersebut tentunya dikarenakan cara kerjanya yang mampu mengolah data dengan sangat mudah.
  1. Menyimpan Data

Berikutnya cloud hosting adalah salah satu fitur yang sangat mampu menyimpan data dengan sangatlah mudah, bahkan dengan kelebihan yang dimiliki cloud hosting Anda juga mampu menyimpan berbagai data secara aman. Oleh karena itu, Anda memang yang baru pertama kali akan membuat website maka gunakanlah clodu hosting.
  1. Mengoperasikan dalam Satu Server

Cloud hosting yang berteknologi canggih sekarang ini memang dapat mengoperasikan website dengan terhubung dalam satu server. Dengan adanya teknologi tersebut tentunya akan membuat setiap pengguna internet dapat mengakses setiap informasi dengan mudah dalam waktu yang sama. Sekarang ini website dapat diakses oleh jutaan orang dimanapun dan kapanpun mereka berada.
Hal tersebut tentunya disebabkan karena cloud hosting memang sangat mampu dalam menjalankan webiste dari jutaan server internet yang ada di dunia. Cloud hosting sekarang ini dimiliki oleh jutaan website yang ada.
  1. Membagikan Informasi

Setelah mengolah data kemudian menyimpan berbagai informasi secara aman, ternyata cloud hosting juga memiliki kemampuan dalam membagikan informasi dengan tepat. Hal tersebut disebabkan karena kemampuannya membaca sebuah peringkat pertama dalam sebuah website.
Ketahuilah bahwa membagikan informasi ini disertai dengan kemmapuan hosting mengaksesnya dengan cepat. Nah, Anda dapat menggunakan cloud hosting agar informasi yang akan disajikan dapat tersampaikan dengan kemampuan yang cepat.
  1. Memberikan Kemudahan Akses

Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya bahwa cloud hosting memang dapat mempermudah akses dengan mudah. Apabila akses sebuah website sudah cukup cepat maka website yang Anda buat dapat ditemukan dengan mudah dalam sebuah mesin pencari google.
Demikian informasi mengenai ulasan manfaat cloud hosting, satu fitur yang sangat berperan penting dalam dunia website sehingga mudah diakses oleh setiap pengguna internet.



Kapan Kalian Membutuhkan Cloud Hosting?


Jika Kalian tidak mampu membayar downtime maka cloud hosting bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Ini memberikan uptime yang lebih tinggi daripada Share hosting . Juga, ini adalah solusi sempurna untuk situs web yang menerima lalu lintas tidak merata.Banyak bisnis kecil, situs Pendidikan, situs web konten viral menggunakan Cloud hosting karena menyediakan waktu kerja yang lebih tinggi dan skalabilitas yang lebih baik dengan harga terjangkau.

Jika Kalian ingin beralih dari share hosting yang kalian punya untuk Mendapatkan lebih banyak fitur dengan harga terjangkau maka Anda juga dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan ke server cloud.


Beberapa penyedia Cloud Hosting terbaik di Indonesia:


Di bawah ini adalah daftar beberapa penyedia Cloud hosting terbaik yang dapat Kalian pertimbangkan untuk hosting situs web Kalian:

Cloud Hosting – Niagahoster




Niagahoster adalah layanan hosting murah unlimited dengan cPanel dan server Indonesia. Layanan hosting Indonesia kelas bisnis yang menggunakan data center bersertifikasi tier-4 yang canggih dan modern dari DCI Indonesia. Layanan hosting yang menjamin kualitas uptime dan akses website yang cepat.
Niagahoster menghadirkan hosting berbasis Cloud (teknologi awan) untuk menawarkan kemudahan shared hosting dengan resource dedicated seperti VPS. Didukung WordPress Accelerator, LiteSpeed, dan gratis domain! Performa cloud hosting premium 5x lebih cepat dengan keleluasaan resource dedicated seperti VPS. Bedanya, Niagahoster akan membantu Anda menangani dan mengoptimasi servernya sehingga kekuatannya akan lebih cepat dibanding shared hosting biasa.
Bagi pengguna WordPress, Anda akan mendapatkan WordPress Accelerator dimana Loading website WordPress Anda akan lebih cepat dan performa website yang optimal, ini akan benar-benar menjaminan kecepatan dan kelancaran website WordPress Anda.
Harga yang ditawarkan oleh Niagahoster untuk paket Cloud Hosting memang lumayan mahal dimana untuk paket terendah adalah 150 ribu per bulan dan paling mahal 720 ribu per bulan.


Cloud Hosting – IDCloudHost



IDCloudHost seperti namanya bahwa ini adalah penyedia hosting yang mengunggulkan solusi hosting berbasis teknologi awan, dimana perusahaan hosting ini berdiri dibawah PT Cloud Hosting Indonesia dengan merek dagang IDCloudHost yang sudah menjadi salah satu perusahaan Web Hosting Provider terpercaya di Indonesia dengan ribuan customer yang telah menggunakan jasa IDCloudHost. IDCloudHost sudah banyak diliput oleh media dan direview oleh customer sebagai salah satu layanan Web Hosting Indonesia berkelas dunia.
Selain itu, Anda juga akan mendapatkan resource yang besar, RAM dan CPU Core diatas standar dengan harga yang sangat murah. Dimana untuk jenis hosting berbasis Cloud ini tergolong yang paling murah namun memberikan server yang andal dan kecepatan akses berkali-kali lipat lebih cepat dibanding hosting biasa, garansi uptime 99.9%, domain gratis, SSL sertifikat gratis dan masih banyak lagi.
Harga yang ditawarkan untuk paket terendah hanya 15 ribu rupiah saja perbulan, sedangkan paket termahal 230 ribu per bulan. Dimana paket yan ditawarkan oleh IDCloudHost merupakan paket wajar dengan kapasitas yang sudah mencukupi untuk bisnis skala kecil dan menengah. Namun jika Anda menginginkan server yang lebih handal untuk bisnis kelas atas, IDCloudHost juga memberikan banyak pilihan paket lainnya.


Dewaweb



Dewaweb adalah penyedia hosting berpengalaman dengan puluhan ribu pengguna yang memiliki server hosting handal. Dewaweb didirikan pada 2014 untuk menjadi penyedia cloud hosting pertama di Indonesia yang aman, cepat, dan andal karena mereka memahami bahwa situs web Anda adalah aset yang sangat penting bagi bisnis online Anda. Ketika Anda memilih Dewaweb, Anda akan tidur lebih nyenyak karena mengetahui bahwa situs web Anda ada di tangan yang baik dan tim dewaweb akan melindunginya dengan Dukungan Ninja Legendaris 24/7.
Dewaweb melayani lebih dari 32.000 pelanggan sekarang dan merupakan yang pertama menerima Sertifikasi ISO 27001, standar emas kelas dunia untuk Manajemen Keamanan Informasi. Dimana Dewaweb memiliki beberapa paket hosting yang menarik bagi pemula maupun website untuk pebisnis besar. Harga yang mereka tawarkan juga murah dimana harga paket cloud hosting termurah 20 ribu per bulan dan paling mahal 140 ribu. Dan jika Anda merasa itu kurang puas, maka bisa upgrade ke paket yang lebih handal lagi seperti VPS cloud hosting.


Cloud Hosting VS Jenis Hosting Lainnya:

Baik shared hosting dan cloud hosting memiliki kelebihan dan kekurangan, namun mana yang lebih baik? Untuk membantu Anda memahaminya, simaklah perbandingan kedua layanan tersebut yang akan dibahas di bawah ini.

Kapasitas dan Performa

Satu server shared hosting memiliki resource dalam jumlah besar. Akan tetapi, kapasitas penyimpanan, RAM, dan bandwidth suatu server digunakan oleh semua penggunanya. Hal inilah yang menyebabkan terbatasnya resource dari jenis web hosting ini.
Kapasitas yang terbatas dan beban dari pengguna lain dapat memperlambat website Anda. Oleh karena itu, layanan shared hosting tidak dianjurkan untuk toko online dan website perusahaan.
Layanan cloud hosting memiliki kapasitas yang terdedikasi untuk website Anda. Selain itu, data Anda disimpan dalam beberapa server sekaligus dengan jumlah resource yang sama. Dengan demikian, website pengguna akan sangat jarang mengalami downtime.

Keamanan

Keamanan merupakan salah satu fitur yang dipastikan sebelum membeli layanan web hosting. Terlebih jika website Anda dapat menyimpan data dan transaksi orang lain.
Pada dasarnya, pengguna harus menambahkan fitur keamanan pada akun hosting mereka. Namun banyak penyedia layanan web hosting yang menyediakannya secara gratis.
setiap layanan shared hosting dan cloud hosting dilengkapi dengan imunify360 dan SSL (secure socket layer) certificate gratis. Sistem keamanan ini bertujuan untuk mengamankan pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Skalabilitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layanan shared hosting memberikan kapasitas penyimpanan, bandwidth, dan RAM yang besar. Akan tetapi, Anda berbagi server dengan banyak website lainnya.
Sebagai pengguna jenis web hosting ini, Anda juga tidak bisa menambah jumlah server yang ingin digunakan. Dengan kata lain, Anda hanya dapat mengelola sebuah website kecil atau yang tidak bertujuan untuk menerima banyak traffic.
Namun layanan cloud hosting memberikan lebih banyak keleluasaan terhadap jenis website yang ingin dibangun. Anda hanya perlu memilih jumlah server yang ingin digunakan. Seraya website berkembang, Anda dapat membeli layanan cloud hosting yang memberikan resource lebih besar.

Kemudahan Penggunaan

Tidak semua orang memiliki latar belakang IT. Oleh karena itu ketidak tahuan tentang operasional layanan web hosting bisa menjadi sebuah halangan untuk menggunakannya.
Namun baik shared hosting dan cloud hosting mudah dipelajari dan digunakan. Konfigurasi dan pemeliharaan server untuk kedua jenis layanan ini dilakukan oleh penyedianya.
Niagahoster juga memberikan kemudahan lebih bagi penggunanya karena menggunakan cPanel sebagai panel kontrol. Dibandingkan yang lainnya, panel kontrol ini menawarkan user interface atau antarmuka yang sederhana dan mudah dipelajari.

Harga

Dari segi harga, layanan shared hosting memang sangat terjangkau. Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa memulai dengan paket Personal dengan biaya Rp 26.563 per bulan. Dengan membeli paket tersebut, Anda juga mendapatkan satu domain, SSL certificate, dan proteksi email SpamAssasin.
Di lain sisi, layanan cloud hosting Niagahoster yang paling ekonomis bisa Anda dapatkan seharga Rp 150.000 per bulan. Fitur tambahan yang dimiliki paket ini sama dengan yang ada pada paket shared hosting Personal.
Akan tetapi, kapasitas penyimpanan 30GB, bandwidth tak terbatas, RAM 3GB yang dipunyai layanan ini dialokasikan hanya untuk Anda. Selain itu, fitur LiteSpeed Web Server dan WP Accelerator dalam paket ini dapat meningkatkan kecepatan website. Dengan demikian, website Anda akan dapat menampung lebih banyak traffic.


Kata-kata terakhir:

Cloud hosting memiliki banyak potensi. Ketika teknologi berkembang, ada kemungkinan besar bahwa Anda dapat melihatnya membentuk tulang punggung setiap rekaman digital di internet.

Jika situs web Anda telah melampaui Kapasitas Pengunjung di Share Hosting, maka Anda dapat mempertimbangkan beralih ke Cloud Hosting. Akan Lebih menguntungkan dan hemat biaya dan memberi Anda skalabilitas lebih, waktu kerja maksimal, dan keamanan. Ini juga baik untuk Anda jika Anda tidak mampu melakukan downtime.Saya harap Anda menikmati membaca posting ini, jika Anda menyukainya maka silakan bagikan dengan teman Anda atau siapa saja yang membutuhkan info ini. Itu akan sangat membantu kami!