Apakah Coinbase menyalahgunakan peserta program referralnya?

Posting berikut ini didasarkan pada pengalaman saya sendiri saat bekerja sebagai afiliasi Bitcoin selama dua setengah tahun terakhir.
Dengan berat hati saya menulis artikel ini, tetapi ini sudah terlalu jauh. Ketika sebuah perusahaan dengan skala Coinbase memungkinkan dirinya untuk bertindak sesuai keinginan, sesuatu harus dikatakan .
Saya mengelola 99Bitcoins, blog untuk pemula Bitcoin yang menciptakan model bisnis berkelanjutan menggunakan program rujukan Bitcoin (mis. Program afiliasi).

Apa itu program referensi Coinbase?

Sederhananya, Anda merujuk orang-orang ke Coinbase dan jika mereka menjadi pelanggan yang membayar Anda mendapatkan komisi untuk membawa mereka masuk. Program ini sudah ada sejak lama, tetapi baru - baru ini komisi dinaikkan menjadi $ 75 per pelanggan yang membayar dari $ 5 yang ada di masa lalu.
Aturannya adalah sebagai berikut:
  • Pelanggan harus mendaftar ke Coinbase dengan mengklik tautan referral Anda
  • Mereka perlu membeli setidaknya BTC senilai $ 100
  • Mereka harus dari salah satu negara yang didukung
Kedengarannya menarik, bukan? Yah, tidak terlalu cepat ...

Hasil saya sendiri dengan program referensi Coinbase

Sekitar dua minggu yang lalu, saya memutuskan untuk memulai promo untuk para pembaca 99Bitcoins. Setiap pembaca yang mendaftar ke Coinbase melalui tautan referensi saya dan membeli $ 100 dalam Bitcoin akan mendapatkan $ 25 kembali. Dengan cara ini Anda pada dasarnya bisa mendapatkan Bitcoin dengan diskon 25 persen .
Seperti yang Anda lihat dari komentar di pos , itu berhasil dengan cukup baik dan semua orang senang. Yah, saya kira semua orang kecuali Coinbase.
Pada titik tertentu saya mulai mendapatkan email dari orang-orang yang meminta $ 25 mereka, tetapi Coinbase tidak pernah mengirimkan komisi untuk mereka. Pada awalnya, saya pikir ini hanyalah kesalahan sementara dalam solusi saya, tapi itu membuat saya melihat ke statistik kami sendiri untuk merujuk orang ke Coinbase.
Inilah yang saya temukan:
Saya mulai mempromosikan Coinbase pada Januari 2014. Saya mengambil "laporan rujukan sepanjang waktu" dan menghapus semua akun yang tidak pernah menyimpan uang apa pun ke Coinbase. Jadi dari 2.134 prospek yang saya bawa selama 20 bulan terakhir, saya memiliki 563 pelanggan penyimpan yang saya referensikan.
269 ​​pelanggan (47,77 persen) disetujui untuk komisi dan 294 (52,23 persen) akun ditandai sebagai "tidak memenuhi syarat". Anda dapat melihat data lengkap (informasi pribadi dihapus, tentu saja) di spread sheet ini .
Jadi, hingga sekarang, Anda dapat mengatakan itu masuk akal: untuk setiap akun yang memenuhi syarat, ada akun yang tidak memenuhi syarat. Namun, kemudian saya memutuskan untuk melihat pada dua bulan terakhir rujukan, karena selama periode waktu ini saya telah mendorong lebih banyak lalu lintas ke Coinbase, sehingga komisi meningkat secara signifikan. Jadi masuk akal untuk melihat pada dua bulan terakhir.
Antara 1 Agustus 2015 dan 30 September 2015 saya telah membawa 647 prospek, yang dikonversi menjadi 157 pelanggan yang membayar. Dari ini, 30 (19,1 persen) disetujui untuk komisi, dan ... drumroll, tolong…. 127 (80,9 persen) tidak memenuhi syarat. Jadi, pada dasarnya, dari setiap lima pelanggan berbayar yang Anda bawa ke Coinbase, Anda dibayar hanya untuk satu orang. Dan itu, teman-teman saya, menyebalkan.
Tak lama setelah itu, seorang pengguna bernama BitcoinKnowledge memposting hal berikut di Reddit:
“Selama 30 hari terakhir saya mengirim 1.893 klik menghasilkan 659 pendaftaran (102 tidak memenuhi syarat ?, 531 akun tidak lengkap dan 18 pembayaran) pembayaran rujukan atau $ 0,713 per klik. Ini artinya jika dibandingkan dengan rata-rata Google CPC $ 3.70 untuk 'beli Bitcoin' dan $ 5.85 untuk 'beli Bitcoin'. Jika Coinbase melakukan skimming (praktik umum yang digunakan untuk mengelabui afiliasi dari komisi) dan bukannya dibayarkan pada 102 'tidak memenuhi syarat' maka BPK akan menjadi $ 13.65, yang akan tampak luar biasa tinggi; pendapatan per klik seharusnya sekitar $ 8-9.
Bagaimanapun, mengingat kualitas lalu lintas di halaman di mana klik dihasilkan, kesimpulan saya adalah bahwa program afiliasi Coinbase, bahkan $ 75 per pengguna, jauh di bawah kinerja alternatif lain. "
Statistik pengguna ini menunjukkan hasil yang kurang lebih sama dengan milik saya.
 

Mencoba untuk mendapatkan jawaban dari Coinbase

Tentu saja, saya mulai membuka tiket dukungan di Coinbase untuk pembaca kami yang secara khusus mengatakan kepada saya bahwa mereka telah melalui proses dan menginginkan potongan harga $ 25. Tanggapan yang saya dapatkan tertunda dan kurang informasi yang relevan.
Sebagai contoh, seorang perwakilan memberi tahu saya hal-hal berikut:
dukungan coinbase
Namun istilah Coinbase untuk program rujukan secara ketat menunjukkan hal-hal berikut:
istilah coinbase
Ini mungkin telah berubah setelah tiket diselesaikan, karena saya hanya mengunjungi halaman syarat satu setengah minggu kemudian, tetapi setelah saya bertanya tentang ini dua hari yang lalu saya belum menerima tanggapan dari Coinbase.
Di tiket lain yang saya keluarkan, saya hanya diberitahu bahwa rujukan saya belum disetujui karena masalah privasi yang tidak dapat mereka jelaskan lebih lanjut, yang benar-benar nyaman.

Mungkin Coinbase memiliki model bisnis yang salah?

Setiap program rujukan biasanya bergantung pada asumsi bahwa komisi yang dibayarkan kepada pengarah sama atau kurang dari nilai umur pelanggan yang diperoleh. Dengan kata lain, Coinbase berasumsi bahwa pelanggan yang membeli Bitcoin senilai $ 100 mungkin akan menghasilkan setidaknya laba $ 75 kepada perusahaan dalam jangka panjang.
Namun, pada saat ini, ekonomi Bitcoin cukup stagnan dan orang-orang tidak membeli sebanyak BTC seperti dulu. Selanjutnya, Coinbase hanya mengambil komisi satu persen dari setiap transaksi, jadi mereka membayar $ 75 kepada referer mereka ketika mereka hanya menghasilkan $ 1 untuk memulai.
Saya tidak berasumsi untuk mengetahui gambaran lengkap model bisnis Coinbase, tetapi saya tahu tolok ukur komisi afiliasi, dan pada hari itu Coinbase mengumumkan bahwa mereka menaikkan komisi menjadi $ 75, pemikiran pertama saya adalah "ini tidak berkelanjutan" .
Skenario terbaik, yang saya alami sekarang adalah reaksi dari keputusan bisnis yang dipertanyakan. Kasus terburuk, ini adalah tindakan yang disengaja untuk membuat orang mempromosikan Coinbase lebih agresif tanpa membayar mereka untuk pekerjaan mereka dan bersembunyi di balik penjelasan yang tidak jelas.
UPDATE: Luar biasa, pada saat menulis posting ini, posting Reddit muncul menunjukkan Coinbase telah mengurangi komisi afiliasi mereka menjadi $ 10. Ini dilakukan tanpa memperbarui afiliasi dan banyak yang marah tentang langkah "diam" ini.
 

Jadi apa yang sebenarnya kurang dari program Coinbase?

Jadi di sini adalah tiga hal teratas yang saya yakini harus ditingkatkan dalam program referensi Coinbase:
  1. Berikan statistik terperinci tentang konversi. Sebagai afiliasi profesional, jika saya tidak tahu mengapa saya tidak dibayar untuk memimpin, saya tidak memiliki cara untuk mengoptimalkan proses saya. Apakah karena dia tidak menyimpan cukup uang? Apakah dia dari negara yang tidak memenuhi syarat? Jangan biarkan saya menembak dalam gelap.
  2. Di sisi lain Coinbase mungkin ingin pergi dengan rute yang berbeda - membuat laporan rujukan anonim. Karena mereka tidak bersedia memberikan informasi apa pun tentang pelanggan Anda, mengapa tidak hanya menyajikan mereka sebagai "pengguna umum". Dengan cara ini mereka dapat mengungkapkan lebih banyak informasi dan tetap menjaga privasi pelanggan mereka. Metode ini diadopsi secara luas di seluruh ekosistem afiliasi. Karena saya tidak tahu siapa pelanggannya, mereka dapat menyediakan informasi yang hampir tanpa batas.
  3. Jika semuanya gagal, setidaknya dapatkan perwakilan dukungan afiliasi khusus untuk menangani semua permintaan dukungan referensi - sistem dukungan Coinbase saat ini tidak berhasil.
  4. Pastikan untuk memperbarui semua afiliasi pada setiap perubahan yang Anda buat pada persyaratan penggunaan Anda. Selalu. 

Beberapa harapan untuk masa depan

Ekosistem Bitcoin tidak sangat berorientasi pada afiliasi / rujukan. Anda dapat melihat ini dengan banyak perusahaan lain, dan bukan hanya Coinbase. Namun harapan saya adalah bahwa di masa depan perusahaan akan melihat nilai sebenarnya dari afiliasi profesional dan mengalokasikan sumber daya yang tepat untuk memelihara hubungan dengan mereka. Untuk saat ini - jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan dari program referensi Coinbase, Anda tidak sendirian.