Ulasan MyEtherWallet: Apakah Dompet Web Ini Cukup Aman untuk Eter Anda?

Pembaruan: Bagian dari tim MyEtherWallet akan bergerak untuk membangun dompet Ethereum yang berbeda yang disebut MyCrypto.com. Kisah lengkapnya dapat ditemukan di sini .
MyEtherWallet (MEW) adalah antarmuka sisi-klien gratis dan open-source untuk Ethereum. Ini berarti Anda dapat menggunakannya untuk berinteraksi langsung dengan blockchain Ethereum melalui browser web.
Diluncurkan pada tahun 2015 oleh Taylor Monahan dan Kosala Hemachandra, memungkinkan pengguna untuk membuat dompet Ethereum di mana dia dapat menyimpan, mengirim, dan menerima Ethereum , Ethereum Classic (ETC), dan token ERC20 apa pun.
MyEtherWallet Buat Dompet

Bagaimana itu bekerja

Meskipun dompet di MyEtherWallet dibuat secara online, itu bukan dompet online dalam pengertian tradisional. Itu karena informasi dompet (seperti kunci pribadi Anda) tidak disimpan di server MyEtherWallet. Sebaliknya, itu disimpan secara lokal di komputer Anda atau di mana pun Anda memutuskan. Pengguna memegang kendali penuh atas kunci pribadi mereka dan oleh karena itu dana mereka, yang tidak selalu terjadi dengan dompet web.
Membuat akun MyEtherWallet menghasilkan kunci publik dan kunci privat. MyEtherWallet tidak menyimpan detail pengguna apa pun. Dengan demikian, pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas kunci dan kata sandi pribadinya sendiri. Ketika transaksi dilakukan, tidak ada biaya yang dikenakan oleh MyEtherWallet — hanya biaya untuk penambang Ethereum (yaitu, gas).
 

Antarmuka pengguna

Antarmuka pengguna MyEtherWallet cukup sederhana dalam desain dan cukup mudah bagi pemula untuk menguasainya. Membuat akun cepat dan mudah, dan pengguna diingatkan untuk menyimpan file keystore-nya sebelum membuka dompet.
Pada halaman Kirim Eter & Token, ada tiga kotak: alamat penerima, jumlah yang akan dikirim, dan batas gas. Sekali lagi, mudah diikuti, dan kebanyakan orang tidak akan mengalami banyak kesulitan.
Halaman Transaksi MyEtherWallet
Jika ada masalah yang muncul, ada Basis Pengetahuan yang luas dengan petunjuk tentang cara membuat dompet dan, yang paling penting, cara melindungi diri dan dana Anda. Ada banyak informasi di sana, dan Anda akan kesulitan untuk tidak menemukan jawaban atas masalah atau pertanyaan tertentu. Anda juga dapat menemukan tutorial video tentang beberapa topik, yang merupakan sentuhan yang bagus.
 

Fitur keamanan

Salah satu perhatian ketika datang ke dompet web adalah kurangnya keamanan yang ditawarkan. Tapi MyEtherWallet bukan dompet online Anda yang khas. Memang, salah satu keuntungan utama MyEtherWallet adalah berbagai opsi keamanan yang ditawarkannya. Pengguna memiliki banyak fleksibilitas ketika datang ke bagaimana mereka dapat mengakses dompet mereka.
Akun pengguna dijamin dengan kata sandi dan kunci pribadi, yang dihasilkan saat membuka akun. Sangat disarankan agar Anda membuat cadangan kunci pribadi Anda. Apa pun yang Anda lakukan, jangan simpan informasi sensitif ini di komputer Anda. Sebagai gantinya, pertimbangkan kertas atau perangkat eksternal yang aman.
MyEtherWallet kompatibel dengan dompet hardware Ledger Nano S dan Trezor . Ini merupakan nilai tambah yang besar karena perangkat offline ini bebas dari malware, phisher, dan keyloggers. Namun, Anda tetap harus membuat cadangan kunci pribadi dari dompet perangkat keras dan menyimpannya di lokasi kedua.
Pilihan keamanan lain yang tersedia untuk Anda dengan MyEtherWallet adalah MetaMask, yang merupakan ekstensi browser Ethereum. Dapat diunduh melalui toko Chrome , gratis untuk digunakan dan membuat membuka kunci MyEtherWallet Anda lebih cepat dan lebih mudah. Namun, salah satu keuntungan utamanya adalah ekstensi ini memperingatkan Anda ketika Anda mengunjungi situs phishing yang masuk daftar hitam (yang jumlahnya banyak!).
Toko Chrome MetaMask
Terakhir, pengguna juga dapat menjalankan offline MyEtherWallet dan lokal, bukan di server GitHub. Ini adalah fitur hebat lainnya, terutama ketika Anda mempertimbangkan bahwa Anda dapat melakukan transaksi offline dengannya. Tak perlu dikatakan, ada banyak fitur keamanan — dan itu sebelum kami menyebutkan kompatibilitasnya dengan Mist, Geth, dan Jaxx Wallet !
 

Opini Publik dan Ulasan Online

MyEtherWallet telah menerima sebagian besar umpan balik positif dari pengguna. Sementara beberapa orang mengeluh tentang masalah keamanan dan kehilangan atau mencuri dana mereka, banyak yang tidak mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan yang direkomendasikan oleh MyEtherWallet. Memang, tampaknya pengalaman tentang keamanan benar-benar turun ke pengguna dan jumlah peringatan yang dilakukan.
Umumnya, pengguna sangat positif tentang MyEtherWallet karena gratis dan sumber terbuka. Bahwa tidak ada satu pun informasi yang disimpan oleh situs web adalah plus besar dalam hal keamanan. Memang, fleksibilitas yang ditawarkan oleh berbagai opsi keamanan adalah salah satu keuntungan utama menurut pengguna online. Akhirnya, MyEtherWallet telah dipuji karena mudah digunakan dengan proses yang cepat dan mudah ketika membuat dompet dan melakukan transaksi.
 

Kesimpulan

Dalam banyak hal, MyEtherWallet menawarkan kenyamanan dompet online tanpa banyak kerentanan keamanan. Pengalaman pengguna bergantung pada cara dia menggunakan opsi yang tersedia. Ini adalah dompet yang mudah digunakan yang memberikan banyak fleksibilitas dan keamanan untuk ketenangan pikiran.
Apakah Anda menggunakan MyEtherWallet? Apa pendapat Anda tentang dompet untuk menyimpan dan melakukan transaksi dengan Ethereum? Beri tahu kami di komentar di bawah ini!