Samourai Bitcoin Wallet Review: Dompet Perangkat Lunak yang Berfokus pada Privasi

Mencari dompet Bitcoin yang bagus untuk ponsel Anda? Aku juga, sebelum perjalanan ke luar negeri baru-baru ini ke markas besar 99Bitcoins. (Masing-masing dari kita bekerja dari negara yang berbeda.) Saya membutuhkan dompet yang aman dan andal — idealnya dengan mode siluman yang efektif, yang akan menjaga bitcoin saya disembunyikan dari penjaga perbatasan pengintai dan pencopet licik. Sesuai dengan tagline "dompet Bitcoin untuk jalan-jalan", dompet Samourai sangat cocok untuk disamarkan.
 

Samourai Wallet Basics

Samourai adalah dompet Bitcoin seluler untuk perangkat Android , dengan versi iOS yang saat ini sedang dikembangkan . Dompet ini dikodekan di Jawa, dan masih dalam tahap alpha, meskipun rilis 1.0 diharapkan pada tahun 2018.
Seperti disebutkan, dompet difokuskan pada privasi dan keamanan. Dukungannya untuk penganoniman alamat IP tersedia melalui Virtual Private Networks (VPNs) dan TOR (The Onion Router, yang dapat diakses di Android melalui Orbot ).
Samourai juga terkenal sebagai salah satu dompet ponsel paling awal yang menggabungkan Segwit . Dukungan tersebut menurunkan biaya transaksi (untuk Samourai dan pengguna lain), sambil membuka jalan untuk integrasi Jaringan Petir di masa depan. Karena aplikasi ritelnya, Lightning harus menjadi fitur yang sangat diinginkan untuk semua dompet seluler.
Berdasarkan desain dompet dan pernyataan publik mereka (khususnya keteguhan mereka terhadap Perjanjian New York ), jelas bahwa para pengembang Samourai secara dekat mematuhi prinsip-prinsip Bitcoin dasar desentralisasi, keterbukaan, keamanan, fungibilitas, dan privasi finansial.
Meskipun Samourai tidak mendukung multisig , itu memungkinkan Anda untuk mengelola banyak akun. Multi-akun dapat membantu untuk menjaga bisnis dan transaksi pribadi tetap terpisah, tetapi tidak ada multisig berarti bahwa akun yang dikontrol bersama tidak mungkin. Untuk membantu perhitungan moneter Anda, berbagai nilai tukar Bitcoin dapat diakses di dalam dompet.
Dompet Samourai
Antarmuka Samourai jelas dan lugas, dan tidak memiliki embel-embel.

The Samourai Stealth Feature

Dompet Samourai berisi fitur yang hebat dan unik: Ketika dalam mode siluman, pintasan Samourai menghilang dari desktop ponsel Anda. Untuk mengaktifkan dompet, PIN yang benar harus dihubungi seperti nomor telepon.
Sementara penyidik ​​berpengetahuan dengan akses ke ponsel Anda masih akan dapat menentukan bahwa Samourai diinstal, trik ini akan menyembunyikan dompet Anda dari pengintai santai atau rendah-info.
 

Fitur untuk Biaya dan Transaksi

Dalam hal ekonomi transaksional, Samourai memiliki banyak fitur bermanfaat lainnya. Dompet memonitor kondisi jaringan, agar lebih menyarankan "biaya pintar" yang sesuai. Biaya bea cukai juga dapat ditetapkan oleh pengguna tingkat lanjut, yang ingin menangani aspek ini sendiri. Ini juga tidak akan menjadi masalah jika Anda membatalkan estimasi biaya Anda, karena dompet mendukung Ganti oleh Biaya (RBF). RBF memungkinkan biaya yang ditetapkan terlalu rendah untuk dikonfirmasi secara waktu atau dengan mudah ditabrak (berapa kali).
Ketika digabungkan, fitur di atas benar-benar membantu menjaga biaya transaksi seminimal mungkin. Kombinasi ini sangat penting untuk dompet seluler, karena Anda hanya boleh menyimpan sejumlah kecil Bitcoin di dalamnya.
Samourai juga mendukung transaksi Child Pays for Parent (CPFP). Fungsi yang berguna ini berfungsi dengan melepaskan setiap transaksi masuk yang terjebak dalam limbo "belum dikonfirmasi" , karena biaya tidak mencukupi. Transaksi macet bisa sangat tidak nyaman untuk bisnis yang sensitif terhadap waktu. Jadi meskipun CPFP bisa mahal, itu adalah fitur hebat untuk di perjalanan.
 

Fitur Privasi

Terlepas dari dukungan TOR dan VPN yang disebutkan di atas yang menyelubungi alamat IP Anda, Samourai berisi banyak fitur yang akan mengaburkan saldo Bitcoin Anda dan riwayat transaksi dari analisis blockchain. Dengan setiap pembelanjaan, Anda dapat memilih tingkat transaksi yang disamarkan yang diinginkan.
Secara default, Samourai Wallet akan:
  • Berikan alamat baru untuk setiap pembayaran baru yang Anda terima, yang mencegah penggunaan ulang alamat. Praktek ini memungkinkan siapa saja yang tahu alamat Anda untuk mempelajari semua transaksi (masa lalu dan masa depan) yang terkait dengan alamat itu, serta keseimbangannya.
  • Cocokkan jenis “perubahan” Anda kembali ke jenis dompet yang Anda kirim (baik SegWit atau non-SegWit).
  • Acak jumlah “perubahan” output yang terkait dengan setiap transaksi yang Anda lakukan. Pencocokan jenis di atas dilakukan untuk meminimalkan keterkaitan yang disebabkan oleh perubahan alamat yang sering terjadi.
  • Gunakan BIP 126 , untuk meminimalkan jumlah referensi ke transaksi sebelumnya dari dompet Anda, yang akan menurunkan metadata yang dapat dilacak yang dihasilkannya.
Singkatnya, Samourai menyulitkan untuk menghubungkan titik-titik di antara alamat Anda.
Opsional, Anda dapat mengaktifkan Ricochet Send milik Samourai. Meskipun fitur ini menghabiskan biaya tambahan $ 2,50 per transaksi (ditambah biaya penambangan tambahan), ini adalah cara yang bagus untuk menyamarkan asal pembayaran Anda. Seperti namanya, transaksi pengeluaran Anda terpental melalui serangkaian empat alamat tambahan dalam perjalanan ke tujuan akhirnya.
Samourai juga memiliki kemampuan unik untuk menggunakan Kode Pembayaran . Mereka mengizinkan orang lain menggunakan fitur ini untuk mengirimi Anda bitcoin, tanpa mengetahui alamat Anda yang sebenarnya. Mereka hanya membutuhkan kode pembayaran Anda. Kode ini dapat digunakan kembali tanpa merusak privasi, karena tidak dapat ditautkan ke alamat. Namun, opsi ini tidak didukung secara luas oleh dompet lain, jadi aplikasinya cukup terbatas.
Sayangnya, Samourai hanya dapat diperoleh dari Google Play store saat ini. Karena Google telah menjadi identik dengan pengawasan, situasi ini kurang ideal. Namun, seperti pada versi 1.0 , Samourai akan tersedia di F-Droid , repositori open source dan privasi-menghormati untuk aplikasi Android.
 

Fitur keamanan

Semua kunci pribadi disimpan di ponsel Anda dalam format terenkripsi, dan tidak pernah dikirimkan. Samourai adalah dompet Deterministik Hierarki . Dengan kata lain, frase benih (yang Anda harus secara akurat merekam dan aman cadangan) diperlukan untuk menghasilkan (dan mengembalikan, jika perlu) semua kunci pribadi Anda dan alamat Bitcoin terkait mereka.
Samourai Wallet juga berisi fungsi untuk menguji cadangan Anda , yang merupakan aspek penting dari manajemen cadangan (walaupun sering diabaikan).
Samourai mengharuskan Anda menggunakan PIN (dari 5 hingga 8 digit), untuk menyetujui transaksi. Susunan angka diacak untuk setiap entri, untuk mengalahkan malware penebangan layar. Saat memasukkan PIN, pastikan tidak ada orang atau perangkat yang dapat mengamati proses ini.
Fitur menonjol dari Samurai adalah memungkinkan Anda untuk menghubungkan simpul penuh Bitcoin Core. Node tepercaya ini memungkinkan Samurai langsung menerima data blockchain dari node rumah atau kantor Anda sendiri , tetapi perhatikan bahwa VPN diperlukan untuk opsi ini.
Sayangnya, Samurai belum mengaktifkan dukungan dompet perangkat keras . Tampaknya, ini sedang dikerjakan — setidaknya untuk perangkat Trezor — dan harus tersedia dalam rilis mendatang.
 

Perintah Remote

Fitur "power user" lain yang menarik dari Samurai adalah Remote Command . Anda bahkan dapat membatasi fitur ini ke nomor telepon tertentu. Ketika Anda mengirim Perintah Jarak Jauh (SMS berisi PIN Anda) ke telepon Anda, itu akan menginstruksikan Samurai untuk merusak diri sendiri atau membalas dengan frase benih cadangan dompet Anda.
Jika seseorang mencuri ponsel Anda, Anda dapat menggunakan perintah ini untuk mengambil dana Anda, lalu menolak akses pencuri kepada mereka. Samourai bahkan dapat mengirim SMS ke nomor tertentu jika telepon yang terpasang pada kartu SIM-nya telah dimatikan. Jadi Anda masih dapat mengirim Remote Commands ke nomor yang diubah.
Peringatan: Saya akan menyarankan untuk bereksperimen dengan Command Remote "wipe" sebelum mendanai dompet. Perhatikan bahwa jika perintah "cadangan" mengirim frasa bibit Anda sebagai pesan yang tidak terenkripsi, itu bisa disadap secara sepele. Dalam hal ini, keamanan dompet akan sepenuhnya dikompromikan.
Singkatnya, jangan mengandalkan fitur cadangan. Sebaliknya, buat cadangan benih Anda setelah inisialisasi!
 

Putusan

Seperti pisau tentara Swiss, Samourai memadukan banyak alat yang berguna ke dalam satu paket tunggal yang dirancang dengan baik. Serupa dengan dompet desktop Electrum , alat dasar mudah digunakan oleh pendatang baru, dan alat yang lebih canggih tersedia untuk pengguna yang membutuhkannya.
Samourai adalah dompet yang bagus, dan saya cukup yakin bahwa ini akan menjadi dompet hebat dengan pembaruan di masa mendatang. Bahkan, satu-satunya alasan mengapa saya belum sepenuhnya mengganti dompet Mycelium saya yang lama dengan Samourai adalah:
  • Kurangnya dukungan dompet perangkat keras (yang direncanakan)
  • Pertukaran peer-to-peer terpadu (yang tidak direncanakan)