Review ExoClick.com: CPM Banner Alternatif AdSense Taput Kamu Coba

ExoClick (exoclick.com) adalah sebuah jaringan periklanan online yang berbasis di Barcelona. Jaringan periklanan ini di launching pada 2006 silam dan dimiliki oleh Benjamin FonzĂ©. ExoClick didirikan pada Desember 2006, sebagai proyek online oleh CEO Benjamin FonzĂ©. ExoClick kemudian membuka layanannya untuk skala internasional dan berhasil mencapai 20 juta impresi per hari. Pada tahun 2009, ExoClick kembali menorehkan catatan gemilang dengan berhasil mencapai 200 juta impresi per hari. ExoClick terus berkembang, dan saat ini ExoClick merupakan salah satu jaringan periklanan berbasis CPM yang cukup diperhitungkan.

Merasa tertarik untuk mencoba ExoClick, sebulan sebelum saya menulis artikel ini saya memutuskan untuk mendaftar sebagai publisher. Tidak lama berselang saya lantas memasang iklan ExoClick di beberapa blog yang saya kelola dengan harapan income dari ad network yang satu ini memuaskan. Seperti biasa, begitu menyadari rate CPM rendah saya tidak serta-merta melepas iklan karena biasanya dibutuhkan waktu hingga beberapa hari untuk bisa menilai performa iklan yang sesungguhnya. Iklan ExoClick pun masih saya aktifkan di sejumlah blog.

Pada minggu kedua, performa iklan terlihat membaik dari hari-hari sebelumnya. Rate CPM terlihat mengalami sedikit peningkatan. Kondisi tersebut semakin menggugah saya untuk memasang ExoClick di beberapa blog lainnya. Untuk memastikan ukuran performa iklan ExoClick, kemudian saya menambahkan dua blog penayang lagi. Seperti apa hasilnya? Dibawah ini saya rangkum sisi kelebihan serta kekurangan ExoClick berdasarkan hasil pengujian saya selama sekitar satu bulan.

Kelebihan ExoClick

  • Iklan berkualitas
  • Iklan dalam bentuk banner
  • Impresi iklan lumayan tinggi
  • Menerima lalu lintas internasional
  • Tersedia berbagai opsi pembayaran, termasuk via PayPal dan Payoneer.
  • Frekuensi pembayaran cukup cepat (mingguan)

Kekurangan ExoClick

  • Rate CPM relatif rendah
  • Iklan yang sama lebih sering muncul
Diluar dua poin kekurangan tersebut diatas, saya tidak menemukan poin minus lainnya pada ExoClick. Silakan simak screenshot statistik laporan penghasilan saya selama beberapa hari dari ExoClick.
laporan penghasilan exoclick
Anda dapat memperhatikan screenshot diatas, rate CPM ExoClick relatif rendah jika dibandingkan sejumlah jaringan periklanan online lainnya yang saat ini saya gunakan, mulai Adnow, adnety, PropellerAds, atau SHMOKI.com.

Catatan

Seperti diketahui, merujuk pada sejumlah kondisi performa iklan tidak selalu sama antara satu publisher dengan publisher lainnya. Hasil yang didapat publisher lain mungkin lebih baik dari hasil yang saya dapat, sehingga untuk memastikannya Anda dapat mencobanya terlebih dulu.
Bergabung sekarang