Cara Menjadi Seorang Blogger Agar Menghasilkan Uang Hingga Ratusan Juta ( Bagi Pemula )

Anda merasa tertarik dengan aktifitas blogging  meski tidak tahu banyak tentang apa yang harus dilakukan? Anda tidak ada pengalaman serta minim kemampuan teknis?  Atau Anda  belum berhasil menghasilkan uang  sejak blog post pertama? Di artikel kali ini Anda akan menemukan cara menghasilkan uang dari blogging,  perlahan tapi pasti, penghasilan akan Anda peroleh .

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Ini jadi pertanyaan bagi kebanyakan orang, “Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”, Berikut beberapa langkah dasar yang ditempuh  dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blog sebagai mata pencaharian.
  • Membuat blog
  • Menghasilkan konten yang bermanfaat
  • Menemukan pembaca
  • Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang ke blog Anda
  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang ada.
Terdengar mudah bukan? Pada beberapa level, prosesnya cukup sederhana tapi Anda akan ketahui lebih banyak setelah Anda jalani.


Harapan saya dengan diterbitkannya artikel ini, setidaknya bisa memberikan gambaran kepada siapapun anda terutama yang benar-benar masih pemula di dunia blogging, yang kebetulan berniat ingin menjadi seorang blogger yang bisa menghasilkan uang.
  Jika anda benar-benar serius untuk menjadi seorang blogger yang dapat menghasilkan uang secara online dari internet, maka anda bisa mengikuti uraian berikut:


#Memulai sebuah blog

Untuk mendapatkan duit dari blog pasti Anda butuh mempunyai sebuah blog. Meski lumayan jelas, tahapan ini pun yang jadi batu penghalang untuk kebanyakan blogger pemula yang mempunyai sedikit atau tanpa latar belakang teknis.

Tapi tidak boleh khawatir, ini tidak sesulit yang kita kira. Ada sejumlah langkah simpel yang kita perlukan untuk mengawali sebuah blog:

a. Pilih platform blog Anda. Untuk mengawali sebuah blog Anda butuh memilih platform blog atau perangkat yang akan menolong Anda supaya konten sedang di website. Ada tidak sedikit pilihan platform blog yang tersedia, salah-satunya WordPress.org yang menjadi platform sangat populer dan tidak sedikit dipilih sebab beberapa alasan berikut:

  • Penggunaannya gratis
  • Mudah digunakan
  • Sudah sejak lama digunakan banyak orang dan dilengkapi  sistem keamanan
  • Anda bisa menyesuaikan bentuk blog dengan berbagai tema.
b. Menentukan nama domain dan hosting. Langkah selanjutya untuk memulai sebuah blog adalah menentukan nama domain (alamat blog Anda) agar blog Anda memiliki alamat rumah secara online. Tiap blog memiliki domain sendiri-sendiri, jadi  Anda harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum digunakan orang lain, namun sesuai konten Blog yang Anda rencanakan. Baca juga artikel kami tentang cara memilih web hosting untuk blog Anda.

c. Konfigurasi blog. Jika ini pengalaman pertama Anda menggunakan WordPress, Anda akan kebingungan melihat bagian dashboard dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi jangan khawatir, Anda akan bisa mengatasinya. Ada banyak sekali tutorial yang akan membantu Anda menggunakan WordPress dan mengatur berbagai hal untuk membuat blog Anda terlihat dan beroperasi dengan baik.

d. Design blog. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah design blog. Kesan pertama sangat penting jadi Anda harus memilih design yang bisa membuat blog Anda menonjol di antara blog-blog lain.


# Luruskan Paradigma berfikir anda tentang menghasilkan uang dari blog.

Sebelum saya uraikan secara lengkap, ada satu hal yang harus anda benar-benar perhatikan ketika mencoba ingin mendapatkan penghasilan dari blog, yang paling penting adalah cara berfikir, anda harus meluruskan cara berfikir anda tentang mendapatkan uang dari blog.
  • Anda harus selalu ingat bahwa mendapatkan uang dari blog bukan perkara yang sanagat mudah, perlu kerja keras ketekunan dan pantang menyerah jangan mudah putus asa, sama halnya seperti usaha offline.
  • Camkan juga bahwa untuk bisa menghasilkan uang dari blog tidak dapat ditempuh dalam waktu yang singkat, kecuali anda beruntung, ada proses yang harus ditempuh, jika anda tekun, tidak mudah putus asa, maka akan indah pada waktunya.
  • Jangan berfikir bahwa anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak dari blog dengan sangat mudah,  semuanya perlu proses dan mungkin anda akan cepat bosan.

Hampir semua teman saya yang saya kenalkan ke dunia blogging, gagal di tengah jalan karena paradigma berfikir yang salah, mereka menganggap bahwa menghasilkan uang dari blog sangat mudah, bisa memperoleh uang raturan juta rupiah dengan mudah dan bisa diperoleh dengan sangat cepat.
Karena paradigma atau orientasi berfikirnya salah, akhirnya aktivitas bloggingnya mandeg ditengah jalan, merasa susah, putus asa, blognya terbengkalai, pada akhirnya dia merasa bosan, karena dianggapnya tidak berhasil dan sulit. 




Baca Juga:

Pengalaman Gajian Setiap 2 Minggu dari Adnow, lumayan Buat Beli Bakso




#1. Tentukan Topik Blog

Sebelum membuat blog yang paling utama adalah menentukan niche blog atau topik blog yang akan anda bahas pada blog anda.
Anda mungkin akan sedikit bingung dalam menentukan topik blog , saya sarankan anda membahas topik yang memang anda sudah menguasainya, misalkan jika anda guru, anda bisa saja mengambil topik tentang membahas teori mata pelajaran, silabus, RPP atau hal-hal yang berkaitan dengan profesi anda sebagai seorang guru.
Atau jika anda kebetulan seorang pembina yang sering berinteraksi dengan ekstrakurikuler sekolah, anda juga bisa membahas topik tentang hal-hal yang berkaitan dengan ekstrakurikuler.
Jika topik yang anda pilih anda kuasai, maka anda tidak akan merasa tertekan ketika dihadapkan membuat artikel dalam jumlah yang banyak, karena eksistensi blogger adalah menerbitkan artikel secara kontinue hingga blognya memiliki jumlah artikel  yang banyak.

#2. Buat Blog Gratisan

Setelah anda menentukan topik atau niche blog yang akan anda bahas, selanjutnya tugas anda adalah membuat blog, ada dua alternatif yang dapat anda pilih, membuat blog berbayar atau membuat blog gratisan, menurut saya khusus untuk pemula, disarankan membuat blog gratisan saja dulu.
Blog gratisan yang paling direkomendasikan adalah blogger.com, silahkan anda buat blog di blogger.com. usahakan nama alamat blog sebagus mungkin dan mudah untuk dipahami serta relevan dengan topik yang akan anda bahas.
Silahkan baca: cara membuat blog di blogspot.

Apakah blog berflatform blogger.com bisa menghasilkan uang?
Walaupun gratisan blog berflatform blogspot adalah salah satu blog gratisan yang memiliki potensi paling baik untuk menghasilkan uang dari blog, blogger.com adalah blog milik google, dan google membuka kerjasama dengan pemilik blog berflatform blogspot untuk menjadi publisher iklan agar blognya bisa menghasilkan uang.
Dengan membuat blog gratisan maka anda tidak harus mengeluarkan modal besar, modal anda cukup koneksi internet aja, walaupun blog gratisan, jika memang dikemudian hari anda ingin merubahnya atau melakukan customisasi menjadi domain pribadi, maka caranya sangat mudah.

#3. Pelihara blog anda Hingga mendatangkan banyak trafik

Kesuksesan sebuah blog salah satunya terletak pada trafik atau pengunjung (visitor) yang datang ke blog anda, semakin banyak trafik yang dimiliki oleh sebuah blog maka potensi blog tersebut bisa menghasilkan uang akan semakin bagus.
Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi  tinggi rendahnya trafik atau visitor blog anda. Jika anda mampu memelihara blog anda dengan baik maka kemungkinan besar trafik pada blog anda akan terus meningkat.
Lantas apa saja yang harus kita lakukan untuk memelihara blog agar bisa mendatangkan trafik?

a. Daftarkan blog ke mesin pencari
 Langkah pertama setelah anda memiliki alamat blog sendiri adalah mendaftarkan blog ke mesin pencari seperti google, yahoo atau bing, tujuannya adalah agar blog anda segera dapat dikenali oleh mesin pencari,

b. Terbitkan artikel postingan secara kontinue.
Yang perama setelah anda memiliki blog tugas anda adalah membuat artikel dan menerbitkan artikel secara continue dan konsisten setiap hari.

Berapa jumlah artikel yang harus dibuat dalam sehari?
Menurut saya jika blog masih dalam kondisi baru anda setidaknya menerbitkan artikel minimal 1 dalam sehari terus menerus secara kontinue, dan disarankan jangan berhenti dalam waktu 3 bulan, biasanya pengujung akan mulai berdatangan dan akan cendrung naik.

Harus seperti apa judul artikel yang saya buat ?
Jumlah pengunjung akan sangat ditentukan oleh judul artikel yang anda buat, tugas anda adalah mencari kata kunci untuk judul artikel yang memiliki tingkat pencarian tinggi dan saingannya mudah.
Kata kunci seperti itu memang akan sedikit sulit untuk ditemukan, cara yang bisa anda coba adalah dengan melakukan riset kata kunci, beberapa diantaranya yang bisa anda coba adalah:
  • Riset kata kunci dengan google trends
  • Riset kata kunci dengan google keyword planner
  • Cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari
  • Dll..

Jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari dan saingannya rendah, minimal prioritaskan untuk mendapatkan kata kunci dengan pesaing sedikit dan berpotensi dicari.
Untuk mengetahuinya cukup mudah, silahkan gunakan google search auto suggestion dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Buka mesin pencari google
2. Umpan dengan mengetikan kata kunci yang anda inginkan, misalkan "Cara memahami"

Jika google memberikan beberapa saran kata kunci seperti di atas, maka itu artinya kata kunci yang anda ketikan memiliki potensi untuk dicari orang, anda bisa gunakan salah satu kata kunci yang disarankan oleh google tersebut.
 
Selanjutnya lakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, misalkan contoh saja kita gunakan kata kunci "Cara memahami puisi".  lalu amati jumlah hasil pencarian:

Jika jumlah hasil pencarian dengan kata kunci tersebut kurang dari 1000.000 (satu juta), maka itu artinya kata kunci tersebut bisa dikatakan cukup minim akan pesaing, anda bisa coba kata kunci tersebut untuk dijadikan judul artikel. 
 
c. Libatkan Optimasi SEO dalam artikel blog anda
Ketika anda membuat artikel jangan lupa untuk melibatkan optimasi seo pada artikel yang anda buat, baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, sehingga artikel anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari google dan bisa muncul di hasil pencarian google di posisi yang baik.
Optimasi seo onpage adalah upaya optimasi yang dilibatkan di dalam artikel atau halaman blog agar halaman blog ramah mesin pencari atau lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, upaya optimasi seo onpage diantaranya adalah:
  • Membuat artikel dengan pedoman optimasi seo onpage yang baik
  • Menggunakan jenis template blog seo friendly (silahkan cari saja di google)
  • Membuat artikel berkualitas dengan baik

Sedangkan optimasi seo Offpage adalah upaya seo yang dilakukan di luar situs namun masih mempengaruhi dalam memperbaiki rangking situs di hasil pencarian.
Beberapa contoh optimasi seo offpage diantaranya adalah
  • Membangun backlink berkualitas
  • Melakukan promosi konten blog secara offline maupun online

d. Pelajari struktur template blogger
Yang harus menjadi tugas anda berikutnya adalah, anda harus mau mempelajari struktur template blog, tujuannya adalah agar anda mampu membenahi template blog anda sendiri dan segala hal yang berurusan dengan template blog.
Memiliki kemampuan memodifikasi template itu akan menjadi point plush untuk anda untuk memudahkan anda dalam menekuni dunia blogger, tentu saja tujuannya adalah agar blog anda lebih ramah mesin pencari.

#4. Pelajari Teknik monetisasi blog

Monetisasi jika dikaitkan dengan blog adalah upaya bagaimana agar blog bisa menghasilkan uang, salah satu modal utamanya adalah trafik, jadi jika blog anda sudah memiliki banyak trafik anda bisa memulai memonetisasi blog anda untuk mendapatkan penghasilan secara online dari blog.
Sebuah kekeliruan besar yang blogger lakukan tentang monetisasi blog adalah mereka melakukannya hanya dengan satu cara. Kenyataannya ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

1. Pendapatan dari iklan
Banyak blogger memulai dengan cara ini. Memperoleh pemasukan  blog dengan cara ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Ketika traffic mulai naik, Anda akan bertemu dengan pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat pembaca Anda.


Iklan yang saya maksud disini bukan hanya AdSense dan jaringan iklan lain, ada banyak jenis iklan lain yang bisa anda manfaatkan.
Berikut ini beberapa jenis iklan:
  1. Pay per Post, dibayar untuk setiap artikel yang anda tulis
  2. Text link, iklan berupa link
  3. Lowongan kerja
  4. Sponsorship
  5. Ad Network (AdSense)
Bukannya AdSense itu tidak bagus…
…tapi rasio penghasilan dari iklan JAUH lebih kecil daripada kalau anda menjual produk atau jasa sendiri.
Jadi kerja keras yang sudah anda lakukan tidak menjadi penghasilan yang optimal.
Meskipun begitu, ada kondisi dimana AdSense menjadi pilihan satu-satunya:
Pertama, kalau tidak ada produk/jasa yang bisa dijual terkait blog anda. Misalnya blog yang berisi konten-konten hiburan atau blog dengan banyak topik.
Sehingga tidak ada produk yang bisa dijual.
Kasus lain, kalau anda punya lebih dari 1 blog sehingga tidak sempat untuk membuat banyak produk apalagi menjual jasa untuk masing-masing blognya.
Dalam 2 kondisi ini iklan menjadi pilihan satu-satunya.


Baca Juga:

Tips mencegah Kode Iklan Google Adsense diambil atau Dicuri pengguna lain


 


2. Pendapatan dari afiliasi
Ada juga orang yang tidak ingin membuat produk sendiri.
Alasannya karena repot proses pembuatannya, mengurus pembayarannya, dan mengurus customer service-nya.
Oleh karena itu, menjadi affiliate marketer bisa jadi alternatif yang bagus.
Prosesnya seperti ini:
Anda memilih produk afiliasi untuk dijual. Lalu anda mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari anda, maka anda akan mendapatkan komisi.
Jadi kita mendapatkan sekian persen dari harga produk.
affiliate marketing
Ada 2 cara anda bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada.
Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer:
  1. Amazon – produk fisik
  2. Clickbank – produk digital
  3. ShareASale – berbagai produk dan layanan
  4. CJ – berbagai produk dan layanan
  5. Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan
  6. WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing
  7. Envato – produk untuk web developer dan desain grafis

3. Mengadakan event
Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event.
Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event. Ikuti panduan kami untuk mengadakan sebuah event.

4. Recurring Income
Kategori lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income atau bisa juga disebut continuity program atau membership program. Ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapat akses ke konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan, atau gabungan dari semuanya.

5. Jasa atau layanan
Satu cara yang umum bagi banyak blogger untuk mendapatkan uang adalah melalui penawaran jasa ke pembaca mereka. Ini bisa banyak bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, design, atau layanan freelance lainnya.

6. Produk
Sebagian blogger mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk macam ini membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tapi cukup menguntungkan.
Produk bisa banyak bentuknya, tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan, dan sebagainya.
Produk jenis lain yang dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sangat wajar bila blogger/Anda  memiliki bisnis atau produk untuk dijual



7. Aliran pendapatan lain
Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain.
Kebanyakan blogger full time menghasilkan uang dengan  lebih dari satu saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan mempercepat perjalanan Anda untuk jadi blogger full time.


No comments:

Post a Comment