Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi Alternatif Adsense

Cara Mendaftar Menjadi Publisher InmobiInmobi merupakan adsense yang berbasis di India dan berdiri pada tahun 2007. Mereka mengklaim sebagai pioner didalam pengembangan adsense berbasis mobile. Perbedaan pada adsense biasa adalah iklan Inmobi tidak akan muncul jika website/blog dibuka pada perangkat PC. Iklan Inmobi hanya muncul pada perangkat mobile.

Bagi yang tidak memiliki Mobile App, blog/website bisa didaftarkan dengan menggunakan format Mobile Web. Inmobi sama halnya dengan Admob kepunyaan Google. Inmobi menyediakan beragam format iklan, selain banner, Inmobi juga menyediakan Video Ads, Native Ads dan Interstitial Ads. Masing-masing memilik script sendiri yang bisa dipasang.
Ketika telah mendaftarkan melalui satu email, para publsiher bisa medaftarkan banyak web/blog. Masing-masing web/blog memiliki tanggung jawabnya sendiri, namun penghasilan bisa dikumpulkan menjadi satu, perlakuannya sama dengan Adnow. Tiap blog memiliki nomor identitasnya yang tidak bisa digunakan untuk blog lainnya.

Berikut cara mendaftar menjadi publisher Inmobi:

Langkah pertama adalah ketik alaman url Inmobi pada inmobi.com. dan tampilan halaman mukanya akan seperti ini:

Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Ketik Sign Up dan akan muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan isi alamat email yang akan didaftarkan, password, isi kode lalu centang i am a publisher dan kemudian create my account:


Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Kemudian, Inmobi akan memberitahukan bahwa akun aktivasi telah dikirimkan melalui email yang telah kita daftarkan:

Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Cek email dan lihatlah inbox apakah sudah ada email masuk dari inmobi, jika sudah ada silahkan klik link yang telah diberikan pada inbox emai. Sesuai dengan pemberitahuan Inmobi bahwa email yang diberikan oleh mereka berupa rahasia dan privasi antara inmobi dan kita sebagai pendaftar, maka inbox aktivasi akun dari Inmobi tidak saya tampilkan disini. Setelah mengklik link aktivasi akun maka tampilan muka dari Inmobi akan seperti gambar dibawah.


Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Ketiklah url blog yang akan kita daftarkan dan ketik look up dan selanjutnya kita diarahkan untuk memberi nama aplikasi yang telah kita daftarkan dan pilih platform sebelah kanan, apakah yang kita daftarkan berupa aplikasi android, apple atau mobile web. Bagi blog biasa pilih saja mobile web yang bertanda bulat, setelah di pilih kemudian klik add app. Oh ya pastikan bahwa posisi ini adalah pada posisi monetize.


Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Langkah selanjutnya adalah Create Placement, silahkan pilih iklan jenis apa yang akan kita integerasikan. Disini saya akan memilih banner, karena cara ini adalah yang paling mudah penerapannya. Klik banner kemudian klik create placement bagian bawah sebelah kanan warna hijau.

Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Kemudian klik proceed to integeration dan klik done dan akan tampil seperti gambar dibawah, proses ini belumlah selesai karena akan melalui tahap persetujuan terlebih dahulu. Tahap selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan aplikasi atau blog. Klik verify now dan masukkan meta tag verifikasi dari Inmobi tepat dibawah kode <head> pada template blog.


Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Biasanya proses verifikasi ini memakan waktu hampir 24 jam, akan ada pemberitahuan pada posisi verify now bahwa proses verifikasi telah selesai dan aplikasi ini disetujui, jika tidak disetujui.. maka tampilannya akan seperti dibawah ini:

Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa aplikasi pertama dan kedua adalah contoh aplikasi yang tidak disetujui, sedangkan aplikasi ketiga dan keempat adalah contoh aplikasi yang disetujui.
Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi


Untuk langkah selanjutnya adalah klik placement dan pilih banner selanjutnya akan muncul Property ID, itulah ID yang akan kita masukkan pada script iklan sebagai identitas untuk masing-masing aplikasi. Untuk script iklan bisa kawan-kawan klik pada integeration instructions. Dari situ akan dijelaskan secara gamblang proses-proses dan jenis masing-masing iklan yang ingin dipasang.

Cara Mendaftar Menjadi Publisher Inmobi